RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SDN 1 Jambon
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : 1 / 1
Alokasi Waktu : 4 x 5 x 35 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Memahami identitas diri,
keluarga serta sikap saling menghormati kemajemukan keluarga
II.
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi identitas
diri,keluarga dan kerabat
III.
INDIKATOR
·
Menyebutkan nama lengkap dan
nama panggilan
·
Menyebutkan nama orang tua
·
Menyebutkan anggota keluarga
dalam satu rumah
·
Menyebutkan alamat tempat
tinggal
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat memperkenalkan diri
·
Siswa dapat menyebutkan anggota
keluarga yang ada dirumah
·
Siswa dapat menyebutkan
identitas diri dengan bahasa yang santun
·
Siswa dapat menyebutkan alamat
tempat tinggal
V.
MATERI POKOK
1.
Jenis kelamin
2.
Memperkenalkan diri dan
keluarga
3.
Tempat Tinggal
4.
Identitas diri
VI.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Bermain peran
2.
Permodelan
3.
Kerja kelompok
4.
Tugas
VII.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Hari ke – 1
1.
Kegiatan Awal
·
Mengajak siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinanya masing-masing
·
Mengisi daftar kelas
·
Mempersiapkan materi ajar,
model, alat peraga
·
Menyayikan lagu “Satu-satu Aku
Sayang Ibu”sambil tepuk tangan
2.
Kegiatan Inti
·
Menyebutkan nama lengkap dan
nama panggilan serta jenis kelamin dihadapan kelas/teman banyak
·
Mendengarkan penjelasan guru
tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat
·
Dua anak maju ke depan kelas
dan mengadakan percakapan/saling memperkenalkan diri
·
Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi dan membuat kelompok kecil untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
3.
Kegiatan Akhir
·
Membuat kesimpulan dari materi
yang disampaikan
·
Pemberian PR / Tugas
Hari ke – 2
1.
Kegiatan awal
·
Berdoa bersama
·
Mengingat pelajaran lalu
·
Bercerita tentang keluarga
2.
Kegiatan Inti
·
Menyebutkan nama ayah, ibu dan
saudara kandung
·
Menceritakan anggota keluarga
yang tinggal satu rumah
·
Membaca kalimat sederhana
3.
Kegiatan akhir
·
Membuat kesimpulan dari materi
yang disampaikan
Hari ke – 3
1.
Kegiatan Awal
·
Berdoa bersama menurut
keyakinan masing-masing
·
Mengingat pelajaran lalu
2.
Kegiatan Inti
·
Menjelaskan kembali pentingnya
identitas diri
·
Menjelaskan dimana tempat
tinggal
·
Menyebutkan keuntungan kita
mempunyei identitas diri
3.
Kegiatan Akhir
·
Membuat kesimpulan dari materi
yang disampaikan
hari ke – 4
1.
Kegiatan awal
·
Berdoa
·
Mengisi data kelas
·
Mengingat pelajaran lalu
2.
Kegiatan inti
·
Menjelaskan manfaat mempunyei
alamat tempat tinggal
·
Menjelaskan hubungan
kekerabatan antara anggota kkeluarga yang ada di rumah
·
Menyebutkan nama kerabat
beserta tempat tinggalnya
3.
Kegiatan akhir
·
Membuat kesimpulan dari materi
yang diajarkan
·
Pemberian PR
·
Menutup pelajaran dengan
menyayikan “Satu-satu Aku Sayang Ibu”
VIII.
ALAT DAN SUMBER
·
Buku Siswa
·
Kartu Nama Anggota Keluarga
IX.
PENILAIAN
·
Mengamati keaktifan siswa dalam
diskusi dan tanya jawab
·
Mengumpulkan hasil kerja siswa
·
Mengamati sikap anak
·
Memberikan tes unjuk kerja
·
Mengamati penampilan siswa
![]() |
|||
![]() |
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar